Beranda | Artikel
Menyambut Bulan Ramadhan (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)
Sabtu, 13 Juni 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Kholid Syamhudi

Kajian tematik oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ringkasan Kajian tentang Ramadhan

Menyambut Bulan Ramadhan

Ramadhan hampir tiba, tak terasa pertambahan usia setahun lamanya terus berjalan dan berjalan. Dan kita sudah berada di penghujung bulan Sya’ban yang tentunya merupakan nikmat yang sangat agung yang Allah karuniakan kepada kita semua untuk berada di hari ini dengan harapan dimudahkan oleh Allah Ta’ala untuk bisa mencapai dan merasakan indahnya bulan suci Ramadhan.

Di bulan inilah kesempatan besar untuk merubah diri kita menjadi lebih bertakwa, hamba-hamba Allah yang diampuni, hamba-hamba yang terpilih dan diampuni dosa-dosanya. Maka dari itu, kita membutuhkan persiapan yang matang untuk menyambut bulan yang mulia ini.

Bulan Ramadhan merupakan bulan perubahan, bulan dimana setiap muslim merasakan indahnya pendidikan dan tarbiyah Islam di bulan tersebut. Allah Ta’ala mengisyaratkan dengan jelas bahwa bulan Ramadhan adalah bulan ketakwaan, sebagaimana Allah perintahkan hamba-hambaNya untuk berpuasa di bulan tersebut untuk menggapai ketakwaan tersebut.

Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Bulan yang mulia ini, Allah Ta’ala muliakan dengan Al-Qur’an, firmanNya:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Silakan download kajian yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Ramadhan: Menyambut Bulan Ramadhan

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/14306-menyambut-bulan-ramadhan-ustadz-kholid-syamhudi-lc/